Certified OpenStack Administration (COA) ? Gimana cara dapetinnya?

Assalamualaikum,

Akhir-akhir ini saya sering ditanya oleh beberapa rekan baik secara langsung maupun di dunia maya, mereka banyak yang japri ke saya dan bertanya mengenai gimana sih caranya dapetin Certified OpenStack Administrator. Oh iya, mungkin bagi temen-temen yang ga tau/ ga ngerti atau malah baru pertama kali denger apa itu OpenStack mungkin bisa dilihat postingan saya sebelum-sebelumnya mengenai OpenStack. Maaf yaa bukannya saya ga mau jelasin nih hehe. Tapi postingan saya kali ini ingin lebih fokus mengarah tentang bagaimana caranya dapetin Certified OpenStack Administrator (COA).

Ya sebelumnya akan saya jelaskan mengenai apa sih itu COA? COA sendiri merupakan sertifikat yang dikeluarkan oleh Linux Foundation kepada kandidat ujian OpenStack Administration yang udah lulus. Ujian COA bisa ditempuh oleh seorang SysAdmin yang merasa telah memiliki skill dalam menjalankan administrasi cloud khususnya dengan OpenStack.

Menurut website dari openstack.org disebutkan bahwa untuk mengikuti ujian ini, diharapkan peserta setidaknya sudah memiliki pengalaman dengan OpenStack kurang lebih selama 6 bulan. Yaaa itu sih hanya rekomendasi, kalaupun temen-temen merasa sudah siap buat ujian sih ya sah-sah aja hehe. Sebenarnya ada vendor lain yang menawarkan tentang sertifikasi yang serupa dengan COA ini, mungkin temen-temen bisa mencarinya sendiri di Internet.

Terus keuntungan dari memiliki COA ini apa? ya tentunya sama dengan sertifikat Internasional yang dikeluarkan oleh lembaga lain seperti Cisco, MikroTik, Microsoft, VMware dll. yaitu kesempatan kita untuk meraih pengakuan bahwa kita eligible untuk kerja di dunia professional IT. Khususnya cloud dan OpenStack. Sedikit hal-hal yang menarik mengenai ujian COA adalah sebagai berikut :

  1. Ujiannya itu berbasis performance based test, yang artinya kita akan diminta untuk mengerjakan soal dalam bentuk praktek.
  2. Biaya ujiannya saat tulisan ini dibuat yaitu $300 USD.
  3. Trus ujiannya boleh dilakukan dimanapun dengan syarat ruangan harus memiliki akses internet dan tertutup. Steril dari gangguan orang lain hehe.
  4. Ujiannya itu ada 2 kesempatan. Jadi kalo kalian fail pada ujian pertama, kalian masih bisa mengulang secara gratis. Maksimal 1 tahun dari tanggal kalian booking ujian.
  5. Nantinya pada saat ujian, kita akan di proctorin oleh orang dari OpenStack melalui webcam, screen sharing dan sound komputer. Ya sudah pasti disini kalo ada tindakan yang mencurigakan selama ujian kita bisa dapet teguran atau mungkin bisa sampe di diskualifikasi. *serem*.
  6. Waktu ujiannya selama 2.5 jam, minimal nilai buat lulus itu 76%.
  7. Oh iya hasil ujian akan diumumkan melalui email dengan laporan nilai maksimal 3 hari dari hari kita mengambil ujian.

Apabila kalian berhasil melewati ujian dengan lancar dan kemudian dinyatakan lulus. Kalian pasti akan mendapatkan email seperti ini hehe.

Dan setelah itu, ketika kalian mengecek akun OpenStack kalian, maka kalian bisa mendownload sertifikat kalian seperti ini.

Itu sekilas info mengenai ujian COA. Tenaaang, disini saya akan bagikan mengenai sedikit tips and trik agar temen-temen yang ingin ujian bisa lulus COA.

  1. Belajarlah dengan keras.
    Banyakin latihan terus menerus, cari sumber referensi kemudian praktekan kembali hingga seluruh objective exam yang diberikan oleh OpenStack yakin telah terpelajari semua. Requirement ujiannya bisa dilihat disini https://www.openstack.org/coa/requirements/. Kalo pun kesulitan dalam belajar, kalian bisa mengikuti training OpenStack baik itu official maupun unofficial. Buat kalian nih yang ingin mengikuti training OpenStack, juga bisa daftar di ID-Networkers ini link nya http://idn.id/training/openstack-cloud-development/. InsyaAllah nanti saya langsung yang ngajarin hehe *promosi dikit yaaa hahaha*. Dan kalaupun kalian belum bisa ikut training karena mungkin ga ada waktu atau kesulitan dibiayanya, kalian juga bisa liat video di Youtube mengenai ujian dan latihan buat COA. Nih saya kasih sedikit referensi :
    Stephen Smith – Prepping for the OpenStack Administrator Exam
    The Test Takers Guide to the Certified OpenStack AdministratorNah, selain video kalian juga bisa belajar dengan membeli buku di Internet atau di ID-Networkers juga ada. Ada beberapa buku yang saya sarankan untuk dibeli bagi temen-temen yang ingin belajar.
    1. OpenStack Cloud Administration – Hugo Irwanto, ID-Networkers. Bisa dibeli disini yaaa hehe https://www.tokopedia.com/tokoidn/buku-openstack-cloud-administration
    2. Preparing for the Certified OpenStack Administrator Exam – Karya Om Matt Dorn.
    3. Certified OpenStack Administrator Study Guide – Karya Om Andrey Markelov.Btw itu bukan endorse yaa, saya sudah beli dan saya baca memang isinya mantep-mantep semua hehe. Ya intinya darimanapun resource belajar kalian yang penting bisa menunjang buat lulus ujian COA.
  2. Bayar ujian.
    Nah ini terpenting nih, ga ada artinya kalian udah belajar mati-matian tapi ga beli-beli ujian ya sama aja boong -__-“. Segera bayar ujian dan tentukan tanggal ujian kalian. Daftar dan bookingnya bisa disini http://openstack.org/coa/.
  3. Pastikan hardware yang kalian gunakan buat ujian memenuhi kebutuhannya yaa, berikut adalah requirement listnya yang saya kutip dari bukunya Om Matt Dorn.
  4. Siapkan kartu identitas diri.
    Jadi siapkanlah KTP, SIM, Paspor atau identitas yang lainnya sebelum ujian, soalnya nanti ketika ujian mau dimulai kalian akan diminta untuk menunjukan identitas diri sebagai validasi bahwa itu beneran kalian hehe.
  5. AMBIL UJIAN.
    Hehe sorry kalo capslock jebol, ya ini adalah langkah terakhir, kalo kalian merasa sudah yakin bahwa siap untuk ujian. Silahkan segera diambil. Tenaaaang kalo pun fail, kalian masih punya second shoot. Tapi inget, saranku kalo mau ambil second shoot jangan lama-lama dari ujian pertama. Soalnya soal yg akan keluar pas diujian kedua, biasanya mirip-mirip dengan yang pertama.

Ya itulah sedikit cerita mengenai Exam Certified OpenStack Administrator. Semoga kalian semua yang mencoba ambil ujian ini bisa lulus dengan nilai yang memuaskan.

Terima kasih,

Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *