Ceramah Singkat : Waktu Mustajab Untuk Berdoa – Ustadz Syafiq Riza Basalamah

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sodara-sodara semuslim yang saya hormati, kali ini saya ingin membagikan kembali sebuah ilmu yang saya dapatkan dari ceramah singkat Ustadz Syafiq Riza Basalamah. Beliau kali ini memberikan sedikit ceramah kepada kita mengenai kapan “Waktu yang Mustajab Untuk Berdoa”. Tentu pembahasan ini sangat menarik untuk dipelajari, baiklah berikut uraian beliau :

Semua manusia tentu saja memiliki hajat atau keinginan akan sesuatu dan harapannya pasti agar terkabulkan diberikan kemudahan serta kelancaran dalam hajat dan keperluannya. Tentu saja untuk memenuhi hajat serta keperluan dibutuhkannya waktu, harta dan kekuatan. Kita sebagai orang beriman pasti berdoa dan memohon kepada Allah Subhanallah Ta’ala agar urusan dapat terselesaikan.

Saat kita berdoa kepada Allah ada beberapa waktu yang mustajab untuk berdoa daripada waktu-waktu lainnya, banyak diantara kita yang sering melupakan waktu mustajab ini. Yaitu berdoa pada hari Jum’at. Dimana Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya :

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ذكر يوم الجمعة ، فقال : فيه ساعة ، لا يوافقها عبد مسلم ، وهو قائم يصلي ، يسأل الله تعالى شيئا ، إلا أعطاه إياه . وأشار بيده يقللها

Artinya : “Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari  Jumat kemudian beliau bersabda: ‘Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut” (HR. Bukhari 935, Muslim 852 dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu’anhu)

Banyak diantara kita yang lupa tentang waktu yang mustajab untuk berdoa ini. Al imam ibnu hajar asqolani dalam kitabnya Al Fathah menjelaskan bahwa ada 40 pendapat ulama tentang waktu mustajab di hari jum’at itu, ini menandakan bahwa waktu itu memang sebuah misteri, dan kita harus mencari dan memanfaatkan hari jum’at untuk berdoa.

Ada pendapat yang mengatakan lebih mendekati kebenaran bahwa waktu itu setelah sholat ashar. Maka paling tidak ketika kita ada dirumah, ditempat kerja kita, di jalan, pada hari jum’at setelah sholat ashar. manfaatkan untuk berdoa. karena kita tidak tahu kita gak tau di menit berapa doa itu mustajab.

Seorang tabi’in Said Jubair diriwayatkan bahwa dia pada hari jum’at ketika selesai sholat ashar dia tidak berbicara kepada seorang pun karena dia gunakan itu untuk berdoa memohon kepada Allah maka jangan lupa ketika hari jum’at ada waktu mustajahab. Mari sodara sekalian kita meminta kepada Allah karena Allah telah berjanji didalam firmannya :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya : Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”.

Itulah sedikit ilmu yang bisa dibagikan pada kali ini. Berikut video ceramahnya :

Jazakallah khairan.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *