Mengingat Kematian – Ustadz Syafiq Riza Basalamah

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sodara muslim sekalian yang dirahmati oleh Allah Subhanallah Ta’ala kali ini saya akan kembali membagikan sedikit ilmu yang saya dapatkan dari ceramah Ustadz Syafiq Riza Basalamah. Ceramah beliau membahas ilmu dengan judul “Mengingat Kematian”. Baiklah langsung saja berikut penjelasan dari Beliau :

Suatu hari Umar bin Khatab RA mengatakan : “Setiap harinya kita mendengar berita kematian
fulan mati, fulan mati dan kelak pada suatu hari akan ada yg mengatakan Umar mati.”

Dan itu merupakan sebuah nasehat bagi kita semua bahwasanya kelak kita juga akan mati. Yang menjadi pertanyaan, Siapkah kita jika nantinya nama kita diumumkan dalam jajaran orang-orang mati. Andaikan jika mati maka semua hal selesai tentu kematian akan menjadi teman istirahat bagi kita. Namun jika kita mati, nantinya kita juga akan ditanyain mengenai pertanggungjawaban kita tentang apa yang semua telah kita lakukan.

Maka sebelum kontrak kehidupan kita didunia habis, mari kita berusaha senantiasa melakukan amal yang nantinya dapat kita bawa saat menghadapi kematian. Karena pada saat kematian datang dan orang-orang mengantarkan jenazah kita kedalam liang lahat setelah sampainya di kubur tentu semua orang tersebut akan meninggalkan kita dan tidak akan mengurusi lagi bahkan sanak saudara dan keluarga juga tidak akan peduli akan hal itu.

Maka mari kita semua senantiasa beramal sholeh dan mengerjakan seluruh yang diperintahkan oleh Allah dan meninggalkan segala larangan-Nya agar nanti saat hari kematian itu tiba kita telah mempersiapkan semuanya.

Itulah sedikit ilmu dari ceramah Beliau, mudah-mudahan yang singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Jazakallah Khairan.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *