Perjuangan Yang Sia-sia – Ustadz Dr. Syafiq Reza Basalamah, MA.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Sodara-sodara muslim saya yang dirahmati Allah Subhanallah Ta’ala. Kembali lagi saya ingin membagikan sedikit pengetahuan yang saya dapatkan dari video ceramah Ustadz Dr. Syafiq Reza Basalamah, MA. Pada ceramahnya kali ini membahas tentang “Perjuangan Yang Sia-sia”.

Baiklah langsung saja berikut penjelasan dari ceramah beliau :

Mungkin banyak diantara kita semua yang melakukan ibadah tapi hasilnya sia-sia. Dari pagi sampe sore, dzikir, sholat baca quran belum tentu diterima oleh Allah Subhanallah Ta’ala.

Allah swt berfirman dalam Surat Al Ghosiyah Ayat 1-4 :

(هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ ﴿١﴾ وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ خَاشِعَةٌ ﴿٢﴾ عَامِلَةٌ نَّاصِبَةٌ ﴿٣﴾ تَصْلَىٰ نَارًا حَامِيَةً ﴿٤


Artinya : “1. Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan? 2. Banyak muka pada hari itu tunduk terhina, 3. bekerja keras lagi kepayahan, 4. memasuki api yang sangat panas (neraka), ”

Dari ayat diatas kita mendapatkan pelajaran bahwa pada hari kiamat wajah-wajah manusia akan merasa terhina. Padahal mereka senantiasa beramal dan beribadah. Mereka senantiasa mengerjakan ibadah dengan penuh kesusah payahan lagi capek tapi amalan mereka justru membawa mereka kedalam neraka yang sangat panas.

Pantaslah Nabi Muhammad Salallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa berdoa, meminta amalan Mutaqobalan, amalan yang diterima. Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam hadist tabrani :

“Sesungguhnya (ada) seseorang yang sholat selama enam puluh tahun, namun tidak ada satu sholat pun yang diterima. Barangkali orang itu menyempurnakan ruku’ tapi tidak menyempurnakan sujud. Atau menyempurnakan sujud, namun tidak menyempurnakan ruku’nya.” (Hadits hasan riwayat al-Ashbahani dalam at-Targhib, lihat ash-Shohihah no. 2535).

Bahkan ada manusia yang mengatakan “udahlah sholat gak usah ngurusin bener enggaknya, yang penting sholat”. Apakah orang yang seperti ini tidak membaca firman Allah dalam Surah Al-Maun Ayat 4-5 :

(5)فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَالَّذِينَ هُمْ (4)عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ


Artinya : “Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya”

Nah dalam surat tersebut dijabarkan agar kita jangan lalai dan sembarangan dalam mengerjakan sholat. Terkadang hal itu merupakan bisikan syetan yang menyesatkan.

Maka dari itu marilah kita senantiasa memohon kepada Allah agar diberikan ampunan serta diterimanya amalan-amalan kita.

Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Jazakallah Khairan.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *