Ceramah Singkat : Pamer Amalan di Sosmed – Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, MA

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sodara-sodara muslim saya pengunjung blog saya yang dirahmati Allah Subhanallah Ta’ala. Kali ini kembali lagi saya akan membagikan sedikit ilmu dari ceramah Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, MA. Dengan kajian yang sangat menarik, topik yang sangat mengena ketika kita melihat banyaknya fenomena sekarang yaitu “Pamer Amalan di Sosmed”. Baiklah berikut intisari dari kajian beliau :

Bagaimana sikap kita terhadap orang yang suka mengumbar amal lewat social media, wajibkah kita langsung menasehatinya, bagaimana metodenya? Sedangkan fitrah manusia yaitu jika berbuat dosa tak pengen orang lain tahu.

Kalau kita lihat kan gak ada tuh yang update status di socmed “lagi berbuat maksiat” gak ada!. Adanya kan seperti ini “ada lagi umroh, yang ada sedang hadir kajian ustadz syafiq (ada juga yang model-model kayak gitu).

Maka dari itu, hati-hatilah dengan tujuan sahabat sekalian mengumbar amal itu apa? Karena Allah berfirman dalam Q.S Al Baqarah ayat 271 :

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ

Artinya : ”Jika kalian menampakkan sedekah(kalian), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kalian menyembunyikannya dan kalian berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagi kalian” (Al-Baqarah : 271).

Dari penjelasan ayat diatas yaitu jika kita sedekah terang-terangan itu baik, asalkan niatnya ikhlas lillahi ta’ala. Tapi kalau kita sedekah sembunyi-sembunyi, gak ada orang lain yang tahu. Itu lebih baik. Contohnya kita kasih kepada fakir miskin tanpa orang lain tahu itu lebih baik.

Karena ketika kita itu mengumbar amal sholeh, kita dapat membuka pintu buat syetan, kita buka pintu untuk riya. Tapi kalau kita sembunyikan syetan mau ngerusak dari mana? Gak bisa. Kadang kala kita sholat malam sendirian dan gak ada yang tahu, tapi pagi-pagi sama temen keliatan, eh ente kok matanya merah. Oh iya ana semalam sholat dari jam satu sampai jam tiga. Masya Allah, kalo ibadah sholat malam itu ga perlu diomongin ke orang lain.

Itulah sedikit ilmu dari beliau dan saya ingin sedikit menyampaikan keada khususnya saya sendiri dan umumnya bagi kita semua agar kita senantiasa menjaga amal sholeh serta tidak perlu mengumbarnya karena jika kita mengumbar maka ditakutkan pintu-pintu riya dan hasutan dari syetan bisa merusak pahala dari amal sholeh kita, semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Saya lampirkan pula video ceramah beliau :

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=un6yPYptT8o]

Jazakallah Khairan.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *