Ceramah Singkat: Tips Mendapatkan Ketenangan Hati (Obat Galau)- Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sodara-sodara pengunjung web saya, kali ini kembali saya ingin membagikan ilmu dari ceramah seorang ustadz yaitu Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. Dengan bahasan “Tips Mendapatkan Ketenangan Hati (Obat Galau)”. Berikut penjelasan dari beliau :

Sebagian orang banyak yang mencari kedamaian hati dan ketenangan jiwa dengan pergi ketempat yang jauh dari orang banyak, ketempat yang dianggap bisa menenagkan hati mereka
Di dalam Islam bahwasanya Allah sudah memberitahu memberikan tips agar hati kita tenang.

Allah berfirman dalam surah Ar-Rad ayat 28 :

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Artinya : “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”

Itu adalah tips Alqur’an untuk menggapai ketenangan hati dan jiwa, mungkin sudah banyak ustadz yang membicarakan ini dan sudah banyak pula orang muslim mengetahui hal ini. Akan tetapi taukah anda mengapa dengan mengingat Allah hati kita bisa menjadi tenang dengan sebenar-benarnya ketenangan dan bukan ketenangan yang semu dan fatamorgana?

Berikut penjelasannya :
Hadits riwayat Abu Daud dan lainnya Rasulullah SAW bersabda :

“Doa orang yang sedang dalam keadaan sempit yaitu mengucapkan Allah, Allah rabku yang memiliharaku, aku tidak mensyirikan Allah dengan sesuatu Apapun.”

Inilah kenapa berdzikir kepada Allah mampu dan sangat sanggup untuk menenangkan hati, mendamaikan jiwa. Dengan kedamaian, ketenangan yang haqiqi.

Salah satu jawabannya adalah karena Allah adalah dzat yang berkuasa membolak-balikkan hati. Seorang merasa resah, galau, gelisah, tidak tenang karena hatinya yang tidak tenang. Maka karena itulah kita harus bersandar hanya kepada Allah, dan pula selalu berdzikir kepada Allah. Allah SWT yang menguasai alam semesta.

Akhirnya kita mendapati bahwa berdzikir kepada Allah SWT memang menenangkan hati. Ingin bukti lain coba perhatikan! Allah swt menyebutkan tentang doa yang di dalamnya terdapat dzikir dan penghambaan diri kepada Allah. Yang disebut dengan seribu istghfar. cobalah maka anda pasti akan tenang hati. Dzikir yang lain yang dimiliki Rasulullah SAW yaitu :

“Wahai Allah sesungguhnya adalah aku ini budakmu anak laki-laki dari budakmu yang laki-laki, anak laki-laki dari budakmu yang perempuan, nasibku di tanganmu. Seluruh keputusanmu tetap bagiku, apa yang engkau takdirkan hadir padaku. Aku memohon kepada engkau dengan nama-nama engkau yang engkau namai dirimu dengannya atau yang engkau turunkan kepada kitab-kitabmu. Atau yang engkau ajarkan kepada rasul atau yang engkau simpan kepada ilmu ghaib. Jadikan Alqur’an sebagai penyejuk hati, cahaya di dalam dadaku, dan penghilang rasa sedih, dan penghilang rasa resah.”

Maka dari itu marilah kita semua senantiasa berdzikir kepada Allah SWT agar hati dan jiwa kita selalu dalam ketenangan, ketentraman, dan kedamaian.

Itulah sedikit ilmu dan ceramah yang bisa saya bagikan kepada sodara-sodara pengunjung webblog saya yang dirahmati Allah SWT. Saya lampirkan pula video ceramahnya :

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=QX0fitvtsuY]

Jazakallah Khairan.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *