Ceramah Singkat: Habis Sholat Kok Istighfar? – Ustadz Abu Yahya Badru Salam, Lc.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sodara-sodara muslim saya yang berbahagia. Pada postingan kali ini saya ingin kembali berbagi ilmu yang saya dapat dari video ceramah singkat Ustadz Abu Yahya Badru Salam, Lc. yang berjudul “Habis Sholat Kok Istighfar?”.

Berikut penjelasan dan intisari dari ceramah beliau :

Rasulullah SAW apabila telah selesai sholat beliau beristighfar, tapi yang jadi pertanyaan adalah mengapa setelah sholat Rasulullah beristighfar? Apakah sholat itu berarti dosa? Tentu saja tidak mungkin. Namun jawabannya adalah bahwasanya terkadang ketika kita sholat ada seusatu yang merusak sholat kita semisal saat sholat kita memikirkan hal-hal tak layak atau saat kita sholat dalam kita menjalankannya terdapat rasa kurang ikhlas. Oleh karena itu Rasulullah meminta ampunan dan mengucap istighfar terhadap apa yang menimpa ibadah kita.

Hal ini memberikan faedah yang besar kepada kita bahwa seorang muslim hendaknya melakukan intropeksi diri. Muhasabah dan intropeksi diri itu hendaknya didua tempat, tempat pertama yaitu adalah sebelum ibadah dan tempat kedua adalah setelah ibadah.

Sebelum ibadah kita mempertanyakan diri kita tentang keikhlasan, Kemudian setelah selesai sholat kita intropeksi diri kembali apakah ketika kita sholat dimasukkan kelalaian atau yang lainnya? maka dari itu kita beristighfar kepada Allah. Karena hal itulah Rasulullah beristighfar ketika selesai sholat.

Kita sebagai hamba jangan berpikir bahwa sholat ataupun ibadah yang telah kita lakukan itu sempurna. Karena kita tidak tau mungkin amalan kecil yang kita sepelekan yang mempengaruhi ibadah kita dalam ibadah atau malah hingga menjadi merusak ibadah kita karena itu kita harus beristighfar ketika selesai sholat sebagaimana nabi mengajarkan hal itu kepada kita.

Sebaik-baik hamba adalah yang merasa khawatir ketika sholatnya tidak diterima oleh Allah SWT tapi dia juga berharap agar ibadahnya diterima oleh Allah.

Istighfar kepada Allah SWT bukan karena sholat kita berdosa akan tetapi karena adanya kekurangan dalam sholat kita, karena siapa sih diantara kita yang bisa khusyuk terus terkadang itu sholat. Ketika sholat kita memikirkan hal-hal lain meskipun kita telah berusaha khusyuk, ketika telah khusyuk setan menghasut kita untuk memikirkan hal-hal lain ketika kita sholat.

Ya jadi itulah hikmah yang diberikan Rasulullah kepada kita  dari apa yang telah dilakukan Rasulullah. Semoga itu semakin menambah wawasan kita ternyata apa yang dilakukan Rasulullah adalah yang terbaik.

Itulah sedikit ilmu yang saya dapatkan dari ceramah tersebut. Dan tidak lupa saya sematkan video agar saudara semua bisa ikut belajar :[youtube https://www.youtube.com/watch?v=v698Nvtnt5g]

Jazakallah Khairan.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *