Ceramah Singkat : Walimah – Ustadz Syafiq Reza Basalamah

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Kawan-kawan semua pengunjung blogku. Kali ini saya akan kembali berbagi ilmu yang saya dapat dari video ceramah singkat dari Ustadz Syafiq Reza Basalamah dengan judul walimah.

Bismillahirrahmanirrahim, semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang mampu mensyukuri nikmat-nikmat Allah. Karena banyak diantara kaum muslim yg tidak pandai bersyukur kepada Allah SWT. Bahkan itu memanglah program dari iblis yang selalu berusaha agar membuat manusia tidak bersyukur kepada Allah. Ketika iblis diusir dari surga, ia meminta agar ditangguhkan kematiannya hingga hari kiamat, dan konsekuensinya adalah menggoda manusia agar dia dapat membawa teman sebayak mungkin ke dalam neraka.

Kita lihat ketika suatu saat banyak orang yang menyelenggarakan pernikahan atau walimah dimana-mana, tapi banyak dari walimah itu yang jauh dari bentuk syukur yang hakiki kepada allah.

Kita lihat banyak walimah yang mengeluarkan dana hingga ratusan jutaan rupiah hingga justru membuat Allah murka terhadapnya karena didalam walimahnya terdapat banyak sekali kemaksiatan. Contohnya adalah makanan yang dibuang-buang ketika walimah.

Al-Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, bahwa dia mengatakan:

شَرُّ الطَّعَـامِ طَعَامُ الْوَلِيْمَةِ، يُدْعَى لَهَـا اْلأَغْنِيَـاءُ وَيتْرَكُ الْفُقَرَاءُ

“Seburuk-buruk makanan adalah makanan walimah, hanya orang-orang kaya yang diundang kepadanya,  sedangkan kaum fakir dibiarkan (tidak diundang).”

Kadang waktu walimah yang diundang orang-orang kaya yang tidak butuh dengan makanan seperti itu. Bahkan bagi mereka sudah biasa makan makanan seperti itu. Mereka yang biasa makan sate, gule yang bahkan tidak tertarik lagi.

Yang diajak adalah orang kaya, tapi yang miskin ditinggalkan. Bahkan sebenarnya jika kita ingin benar-benar mensyukuri nikmat Allah seharusnya kita mengundang itu orang-orang yang miskin,  fakir, pekerja-pekerja keras yang kalo diundang mungkin doanya seminggu ga selesai. Kita berikan makanan sate, gule yang mungkin sebagian dari sodara-sodara kita setahun ga makan daging tapi kok malah yg seperti ini ga diundang.

Jikalau kita ingin didoakan dan ingin makanan kita berkah, maka kita undang juga sodara-sodara kita yang miskin yang lebih membutuhkan makanan itu. Dan coba kita lihat jika orang miskin yang kita undang makannya itu sampai bersih piringnya bahkan dia hingga mau bantu kita cuci piring. Dan jika orang kaya justru makanan itu tidak dihabiskan malah jika ambil daging hanya secuil dan terus dibuang.

Berikut saya sematkan pula video ceramahnya :
[youtube https://www.youtube.com/watch?v=6v_JmVUhXHI]

Semoga kajian ini bisa membuat kita menjadi orang yang pandai dalam bersyukur terhadap nikmat Allah. Itulah sedikit ilmu yang saya petik dari ceramah singkat Ustadz Syafiq Reza Basalamah. Semoga bermanfaat.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *